Analisis Asal Mula Arsitektur Banjar, Studi Kasus : Arsitektur Rumah Tradisional Bubungan Tinggi

Paper ini dimuat pada Jurnal TEKNIK SIPIL & PERENCANAAN, Nomor 1 Volume 10 – Januari 2008

Ira Mentayani

^^Abstrak^^ 

Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali asal mula arsitektur tradisional Masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Dengan metode analisis deskriptif berdasar literatur yang ada dan bukti empiris, maka dapat ditemukankenali asal mula arsitektur Masyarakat Banjar. Arsitektur yang diangkat sebagai perbandingan adalah arsitektur tradisional Rumah Bubungan Tinggi. Rumah Bubungan Tinggi adalah arsitektur tradisional Masyarakat Banjar yang berasal dari arsitektur masyarakat Melayu yang ada di pesisir, yang telah terbentuk jauh sebelum terbentuknya Masyarakat Banjar. Dalam perkembangannya, kebudayaan Suku Dayak dan Jawa, serta ajaran Islam turut pula mempengaruhi. Secara fisik, kondisi lingkungan alam menjadi faktor utama bentuk/wujud fisik.

Kata kunci : Asal mula, Masyarakat Banjar, Rumah Bubungan Tinggi.

SIMPUL AN

1. Arsitektur tradisional Masyarakat Banjar adalah wujud kebudayaan masyarakat yang tinggal di Pulau Kalimantan, dan telah terbentuk/terwujud sejak jauh lebih tua daripada terbentuknya kerajaan Banjar, ataupun entitas masyarakat Banjar.

2.  Rumah Bubungan Tinggi adalah salah satu arsitektur tradisional Masyarakat Banjar yang berasal dari arsitektur masyarakat Melayu yang ada di pesisir.

3. Arsitektur tradisional Masyarakat Banjar dalam perkembangannya dipengaruhi pula oleh kebudayaan lain (Dayak dan Jawa). Dan sangat dominan dipengaruhi ajaran Islam (selain masih adanya pengaruh ajaran Hindu dan kepercayaan lain).

4. Kearifan budaya lokal dalam mengatasi kondisi lingkungan alam menjadi faktor utama bentuk/wujud fisik arsitektur tradisional Banjar secara fisik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s