Tipomorfologi Rumah di Atas Air (lanting) kota Banjarmasin

    

Catatan: makalah lengkap dipublikasikan dalam Proceeding Seminar Nasional Metodologi Riset dalam Arsitektur – Jur.Arsitektur. FT-Universitas Udayana – Bali, Juni 2010

Ira Mentayani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tipologi (kesamaan ciri khas secara formal dari sekelompok obyek) dan morfologi (studi tentang bentuk) dari salah satu arsitektur tradisional Banjar yaitu Rumah Lanting. Dalam penelitian ini diperoleh 5 tema temuan yang dapat menjelaskan tipomorfologi dari 60 sampel rumah lanting yang ada. Tema-tema yang ditemukan adalah (1) Rumah lanting adalah rumah warisan, (2) Rumah lanting sebagai wadah usaha, (3) Rumah lanting adalah rumah dengan konsep yang sangat memperhatikan fungsionalisasi ruang, (4) Rumah lanting adalah rumah yang memiliki konstruksi dan material kontemporer, (5) Rumah lanting memiliki bentuk dan karakteristik arsitektur vernakular.Case Studi Research Studi kasus adalah penelitian terhadap ‘sistem yang dibatasi’ dengan fokus terhadap kasus, atau isu yang digambarkan melalui kasus (Stake, 1995). Studi kasus kualitatif menghasilkan studi mendalam tentang ‘sistem’ tersebut, berdasarkan data yang bervariasi. Peneliti mensituasikan sistem sebagai bagian dari konteks atau seting yang lebih besar.

Dari hasil penelitian diperoleh kecendrungan perubahan rumah dari bentuk rumah terapung(rumah lanting) menjadi rumah permanen (rumah panggung). Kecendrungan ini disebabkan keinginan secara alamiah untuk meningkatkan taraf hidup dan hidup lebih baik. Kondisi ini menimbulkan permasalahan baru yaitu semakin padatnya permukiman (umumnya permukiman kumuh) di tepian sungai. Selain itu juga menjadikan badan sungai menjadi sempit, dan secara sosial merusak tatanan sosial di bidang pertanahan. Dampak ini mungkin tidak akan dirasakan langsung, namun setelah sekian tahun lamanya baru akan menjadi masalah sosial di perkotaan.

Kata kunci: tipologi, morfologi, rumah lanting, tema temuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s